• Blog Stats

    • 133,309 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 480 other followers

Pasca Rusuh, Lapas Kerobokan Rugi Rp 1,2 Miliar

Denpasar. Perhitungan kerugian sementara pasca rusuh Lapas Kerobokan 21 pebuari lalu mencapai Rp 1,2 milyar. Jumlah kerugian ini dihitung dari kerusakan bangunan saja, belum termasuk peralatan komputer dan sebagainya.

Situasi keamanan Lapas Kerobokan kini berangsur-angsur pulih kembali. Menyusul ditariknya personil kepolisian dari LP paksa kerusuhan 21 Pebuari lalu. Dari pantauan di lokasi hanya petugas LP yang melakukan pengamanan seperti biasa.

Kerusuhan Lapas Kerobokan, menimbulkan kerusakan yang sangat parah. Seluruh bangunan kantor ludes terbakar dan dokumen-dokumen penting tidak ada yang terselamatkan. Bahkan brankas uang berisi ratusan juta juga lenyap. Hingga kemarin (26/2/2012) pihak Kementerian Hukum dan HAM RI masih melakukan penghitungan total kerugian.

Dari perhitungan sementara, Lapas mengalami kerugian sekitar Rp 1,2 miliar. Jumlah kerugian ini dikatakan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (kadivpas) Kanwil Kemenkum HAM Bali, Priyadi saat dikonfirmasi kemarin (26/2/2012).

“Kita baru menghitung bangunannya saja, jadi belum termasuk peralatan, komputer, dan lain sebagainya,” terangnya.

Menurut Priyadi, bila sudah terdata secara keseluruhan, termasuk berbagai peralatan yang ludes, tentu angkanya bisa berlipat-lipat.

“Nanti setelah semuanya dihitung, bisa saja angkanya menjadi berlipat-lipat. Kemungkinan hasilnya baru akan diketahui hari Senin besok atau Selasa. Ini yang menghitung bukan kami, tapi oleh konsultan,” beber Priyadi.

Estimasi nilai kerugian sebesar Rp 1,2 miliar itu juga tidak termasuk dengan persenjataan.

Sebagai perbandingan, pada kerusuhan pertama akibat aksi Badan Narkotika Nasional (BNN) yang mencoba menangkap napi Agus Riyadi di Lapas Kerobokan pada Juni tahun lalu, lapas terbesar di Bali dan Nusa Tenggara itu menderita kerugian sampai Rp 2,9 miliar. Kerusakannya sendiri terbilang lebih ringan dibandingkan dengan kerusuhan beberapa hari lalu.

Kala itu, setelah terdata, 18 unit sarana dan prasarana lapas mengalami kerusakan berat. Di antaranya, enamwisma, kantor, musala, komputer, CCTV, dan sejumlah fasilitas lain. Maka, melihat perbandingan tersebut, diperkirakan sekarang lapas mengalami kerugian yang lebih besar. (Beritabali.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: