• Blog Stats

    • 135,257 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 480 other followers

Basmi Ulat Bulu, Petani Gunakan Semut Rangrang

Kaliasem, Petani di Desa Kaliasem, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng mememerangi hama ulat bulu dengan penanganan alami. Mereka memanfaatkan keberadaan semut merah atau semut rangrang.

Penanganan dengan cara alami ini antara lain dilakukan Nyoman Wardana, petani di Dusun Lebah, Desa Kaliasem Kecamatan Banjar. Cara ini awalnya dilakukan secara tidak sengaja.

Setiap menyapu halaman di bawah pohon sandat yang terserang ulang bulu ia menemukan ulat bulu dengan kondisi telah tercabik-cabik. Penasaran dengan hal itu, Wardana melakukan pengamatan dan mengetahui matinya ulat disebabkan oleh semut.

”Akhirnya saya mencari sarang semut merah untuk melawan hama ulat bulu itu dan beberapa kali sudah saya coba hasilnya perkembangan ulat bulu dapat berkurang dan jarang ditemukan lagi,” ungkap Nyoman Wardana.

Penanganan secara alami yang dilakukan dengan memanfaatkan semut tersebut terus dilakukan. Bahkan ribuan ulat bulu yang sebelumnya memenuhi dahan pohon sandat di halaman rumahnya menjadi berkurang.

” Hasilnya seperti ini, ulat bulu mampu diatasi sehingga tidak repot lagi dan resah,” ujarnya Wardana.

Hal senada diungkapkan Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan, PPL Kecamatan Banjar, Nyoman Sudrana. Dengan cara alami itu justru lebih efektif dan tuntas dibandingkan dengan penyemprotan ataupun pembasmian dengan membakar.

” Memang cara ini merupakan cara yang efektif dan memberikan hasil, sehingga kami harapkan keberadaan semut sebagai predator ulat tidak diburu, demikian juga dengan burung sehingga mampu menjaga kesimbangan alam,” paparnya. (Beritabali.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: