• Blog Stats

    • 133,309 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 480 other followers

Predator Ulat Bulu Habis Diburu Manusia

Denpasar, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali menyatakan, merebaknya serangan hama ulat bulu di Bali disebabkan oleh terganggunya ekosistem di Pulau Bali. Dua predator atau pemangsa utama ulat bulu yaitu semut rangrang (semut merah) dan burung pemakan ulat bulu, kini populasinya
semakin langka karena sering diburu manusia untuk kepentingan hobi dan komersial.

Dari hasil pantauan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Bali di beberapa lokasi penemuan ulat bulu di Bali, tidak dijumpai adanya predator atau pemangsa ulat bulu yakni semut rangrang atau di Bali disebut ‘semangah’. Selain itu, burung pemangsa ulat bulu seperti burung ‘cerukcuk’ juga sudah sangat jarang dijumpai di alam liar.

“Semut rangrang atau semut merah menjadi langka karena telurnya diburu untuk makanan burung. Sementara burung pemakan ulat bulu juga semakin langka karena ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan dalam sangkar di rumah-rumah warga,” jelas I Made Putra Suryawan, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Propinsi Bali (13/4/2011).

Setelah merebaknya kasus serangan hama ulat bulu, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Bali akan mengeluarkan rekomendasi untuk melindungi predator atau pemangsa ulat bulu.

“Masyarakat diharapkan tidak lagi memburu telur semut rangrang dan burung pemakan ulat bulu agar bisa tetap menjaga keseimbangan ekosistem alam,” ujarnya .

Selain akibat semakin langkanya predator, kondusifnya kembang biak ulat bulu di Bali juga disebabkan oleh musim hujan yang panjang, ketersediaan makanan yang banyak, serta anomali iklim dimana terjadi fluktuasi suhu panas dan dingin. (Beritabali.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: