• Blog Stats

    • 133,255 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 480 other followers

Ulat Bulu Buleleng Mirip dengan Jawa Timur

Renon, Hingga saat ini dilaporkan hama ulat bulu telah menyebar di 5 desa di Kabupaten Buleleng. 5 desa yang diketahui diserang ulat bulu diantaranya Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga dan Desa Penglatan di Kecamatan Buleleng, Desa Gerokgak Kecamatan Gerokgak dan Desa Sangsit Kecamatan Sawan.

Hasil pengamatan Dinas Pertanian Bali menunjukkan bahwa secara morfologi ulat bulu yang menyerang tanaman di Kabupaten Buleleng memiliki kemiripan dengan ulat bulu di Jawa Timur.

Kepala Dinas Pertanian Bali Putra Suryawan ketika ditemui Beritabali.com di Renon, Senin (11/4) menyatakan hasil pengamatan lapangan menunjukkan hama ulat bulu pada dasarnya sudah lama ada di Bali. Namun saat ini populasinya mengalami ledakan sehingga merugikan petani.

“Hama yang saya amati di lapangan memang sudah ada cuma populasinya sebelumnya tidak seperti ini, tidak eskplosiv dan kemudian perkembangan ulat bulu ini nampaknya kita lihat iklim mendukung, kemudian yang kedua disebabkan oleh habitatnya yang terganggu,” Putra Suryawan.

Suryawan mengakui telah mengirimkan sample ulat bulu ke laboratorium Fakultas pertanian universitas Udayana untuk mengetahui secara pasti morfologi dan spesies dari ulat bulu tersebut.

Selain itu Dinas pertanian Bali juga telah melakukan pengendalian dengan penyemprotan untuk menghindari meluasnya penyebaran ulat bulu tersebut. (Beritabali.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: