• Blog Stats

    • 133,255 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 480 other followers

Tanah lot

tanah lot xxxObyek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km barat Tabanan. Disebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), turis-turis biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di sini.

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar yang luasnya kurang lebih 3 are. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan, yaitu pura-pura yang merupakan sendi-sendi pulau Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut.

Legenda

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa. Beliau adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben ‘akhirnya’ menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Menurut data arkeologis, pada sebuah bangunan atau pelinggih ditemukan sebuah menhir yang berfungsi sebagai media pemujaan untuk memuja potensi dan kekuatan alam.  Pelinggih ini terletak dihalaman teratas dari Pura Tanah Lot.  Pada pelinggih tersebut juga ditemukan sebuah lingga yang berfungsi untuk memuja Dewa Siwa.

  1. Sunset Terrace

Merupakan tempat menikmati sunset terbaik. Suasana sunset dengan latar belakang         Pura Luhur Tanah Lot dan laut lepas dengan gelombang yang khas pantai selatan. Dari   tempat ketinggian diatas tebing sunset dapat dinikmati sambil menikmati makanan dan       minuman yang disediadakan oleh jejeran warung-warung yang menyiapkan minuman          khas berupa kelapa muda serta minuman lain.  Suasana yang tidak terlupakan jika anda       menikmati suasana yang tepat berada di depan pura.

  1. Pura Enjung Galuh

Pura Enjung Galuh berlokasi diatas enjung yaitu batu jarang yang menjorok ke laut.            Dilihat dari Abhisekanya Pura Galuh ini jelas bahwa Istadewata yang berparahyangan di       Pura ini berwujud sahakti yaitu Bhatari Sri shaktinya Dewa Wisnu.  Pura Enjung Galuh ini          berfungsi untuk memohon Kesuburan dan kesejahteraan.   Hari Pujawalinya jatuh pada       hari Rabu Umanis, wara Medangsia sesuai dengan kalender Bali.

  1. Pura Batu Bolong

Pura batu Bolong berlokasi di salah satu enjung di segara kidul Tanah Lot yang ditengah-    tengahnya berlubang(bolong) sehingga pura ini disebut Pura Batu Bolong.  Bentuk bolong berbentuk bulan sabit, sehingga jika dipotret dari enjung galuh menciptakan            panorama yang indah dank has ditambah dengan deburan ombak yang saling        berbenturan.  Pujawalinya yaitu pada hari Rabu Wage, wara Langkir sesuai dengan kalender Bali.

  1. Pura Luher Pekendungan

Bermula dari perjalanan Ida Pedanda Sakti Bawu Rawuh dari pura Rambut Siwi lanjut ke     Pura Srijong, dimana beliau melihat sinar suci menyala dengan terangnya di Segara          Kidul Tanah Lot, yang menjadi lokasi Puru Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur        Pekendungan.  Melalui Pura Srijong beliau melanjutkan perjalannannya menuju sinar          suci tersebut, namun sebelumnya sempat melakoni Yoga Semadi di Desa Sanggulan ,        dan akhirnya beliau sampai kesebuah tempat disebelah barat Segara Kidul Tanah Lot          dimana beliu kembali melakukan Yoga Semadi.  Ditempat yang berhutan lebat yang bernama ALAS KENDUNG yang kemudian  menjadi Abhiseka Pura Luhur Pekendungan.    Pura Luhur Pakendungan disamping sebagai Pura Dang Kahyangan juga befungsi             sebagai Pura Pengulun Subak di Wilayah Kediri Tabanan.

  1. Surya Mandala Cultural Park

Surya Mandala culture parks merupakan panggung terbuka (open stage) untuk       pementasan taria-tarian kesenian tradisional seperti Kecak 200.  Lokasi Surya mandala             Culture Parks ini berada di bagian barat Pura Luhur Tanah Lot, tepatnya disebelah barat       Pura Enjung Beji.

  1. Pasar Seni/Art Market

Obyek wisata Tanah Lot dilengkapi dengan fasilitas berupa Pasar seni bagi wisatawan        yang ingin membeli oleh-oleh, khususnya oleh-oleh kesenian Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: