• Blog Stats

    • 133,255 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 480 other followers

Pura Goa Lawah

goa lawahTempat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena letaknya strategis dipinggir pantai dengan pemandangan laut dan pulau Nusa Penida di kejauhan serta penataan pantainya yang asri dan indah. Di pantai kadang-kadang wisatawan dapat menyaksikan kegiatan upacara adat dan juga dapat melihat kelelawar bergelantungan di tepi goa.

Pura Goa lawah lokasinya sekitar 49 kilimeter dari kota Denpasar, tepatnya di Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan, Klungkung.  Pura Goa Lawah menempati areal seluas, lebar 20,39 meter dan panjang 28,46 meter dengan beberapa bangunan yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Pemandangan ditempat ini terasa unik, sebuah goa kelihatan dibawah pohon yang rindang, sementara dimulut goa terdapat beberapa pelinggih. Pura Goa Lawah menempati wilayah pantai yang bertemu dengan wilayah perbukitan.   Dipelataran pura berdiri kukuh beberapa meru dan stana lainnya.

Pura Goa lawah merupakan pura Sad Kahyanan, yang merupakan perpaduan antara laut dan gunung (Nyegara Gunung), yang mengandung suatu rasa terimakasih ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi dalam manifestasi Girinatha (pelindung gunung) dan baruna sebagai penguasa laut.  Tempat seperti ini merupakan tempat pilihan untuk mendirikan tempat suci, karena  merupakan tempat para Rsi mendapatkan pikiran suci.  Suasana Pura Goa Lawah yang diiringi cicit riuh suara ribuan kelelawar setiap hari yang bergelayutan didinding goa dan juga berterbangan menambah indah suasana dilokasi Pura.

Dari sejarahnya Pura Goa Lawah mengenai siapa yang membangunnya dan kapan dibangun masih bisa diungkap misterinya karena bangunan pemujaan terlalu tua usianya, sehingga tidak ada nara sumber yang benar-benar mengetahui mengenai seluk beluk Pura Goa Lawah.  Namun jika kita merunut dari kata Goa Lawah  maka dapat diartikan secara harfiah adalah “Goa” berarti goad an “Lawah” berarti kelelawar, Jadi Goa Lawah berarti goa kelelawar.

Walaupun disebutkan dalam beberapa lontar, namun lontar-lontar yang ada jarang menyebutkan secara jelas  siapa yang mendirikan dan kapan pura ini didirikan.  Disamping itu beberapa lontar hanya mengemukakan status pura.  Namun ada sekilas tulisan yang menyimpulkan secara garis besar bahwa Pura-Pura Besar yang berstatus Kahyangan jagat dan Sad Kahyangan dibangun oleh pendeta terkenal Mpu Kuturan.

Keberadaan Pura Goa Lawah dibangun sebagai symbol perwujudan potensi “Bhuana Agung” kekuatan Supranatural, wujud perlambang daya alam yang diharapkan dapat berkelanjutan sebagai tempat “Nyegara Gunung” dengan letak lokasi dan lingkungan terpilih dari berbagai aspek keunggulan lingkungan alamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: