• Blog Stats

    • 152,146 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 482 other followers

Ubud

ubudUbud merupakan sebuah desa Kelurahan dengan membawahi sekitar 13 banjar serta 6 desa adapt termasuk kecamatan Ubud sekitar 20 Kilometer dari kota Denpasar, dengan ketinggian 300meter diatas permukaan laut, dengan udara yang agak lebih sejuk dibandingkan dengan beberapa tempat didaerah dataran yang lebih rendah di Kabupaten Gianyar merupakan daerah sumber inspirasi beberapa seniman  serta seniman eropa khususnya.

Disamping alam yang indah daerah Ubud merupakan Desa Budaya yang sangat kaya dengan warisan seniman besar seperti para pelukis terkenal I Gusti Nyoman Lempad(1862-1978), Anak Agung Gde Sobrat (1919-1992), I Gusti Made Deblog (1910-1968). Sekitar tahun 1920-an dua orang pelukis Eropa yaitu Rudolf Bonnet dari Belanda dan Walter Spies dari Jerman menggoreskan sejarah baru perkembangan seni lukis di Desa Ubud.  Kedua pelukis tersebut memperkenalkan teknik estetika Eropa khususnya dalam bidang pencahayaan, bayangan, perspektif dan anatomi.

Dengan tetap berfikiran local dengan mengambil tema tradisional sehingga mampu memberikan identitas sendiri dengan nama Gaya Ubud atau Ubud style. Atas kerjasama antara Tjokorde Gde Agung Sukawati dengan Rudolf Bonnet dibentuklah sebuah perkumpulan seniman “Pita Maha” yang juga dibantu oleh I Gusti Nyoman Lempad serta Tjokorde Gde Raka Suawati pada tahun 1936.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: