• Blog Stats

    • 144,992 hits
  • Masukkan email anda dan dapatkan informasi tentang lowongan kerja di Bali setiap harinya.
    Ayo...buruan gabung!!

    Join 481 other followers

Kabupaten Tabanan

tabananDEMOGRAFI

Kabupaten Tabanan merupakan satu dari kabupaten/1 kota yang bercorak  agraris yang luas wilayah 893,33 Km2 (14,9% dari luas Pulau Bali). Secara administrasi Kabupaten Tabanan terbagi menjadi 10 Kecamatan, 10 Kelurahan, 103 Desa, 66 Lingkungan, 663 Dusun. Pada tahun 2000, penduduknya berjumlah 386.850 jiwa sehingga kepadatan penduduknya adalah sekitar 453 jiwa/km². dan laju pertumbuhan  0,17%.  Sebagai daerah agraris maka mata pencaharian utama penduduknya adalah sektor pertanian yaitu sebesar 50,16%, sedangkan sektor perdagangan, hotel dan rumah makan merupakan mata pencaharian terbesar kedua dengan prosentase 15,16%, selebihnya bergerak disektor industri rumah tangga dan pengolahan sebesar 11,27% dan sektor jasa 10,93%.

GEOGRAFIS

Kabupaten Tabanan terletak pada posisi yang cukup strategis karena  berbatasan dengan Kabupaten Badung di sebelah Timur, sedangkan di Utara  berbatasan dengan Kabupaten Buleleng, di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Jembrana dan sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia.

INDUSTRI & KERAJINAN

Keramik :

industri kecil / kerajinan keramik merupakan komoditi andalan kabupaten Tabanan industri ini berkembang di Desa Pejaten, kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan, ± 12 kilometer sebelah Selatan kota Tabanan.Pada mulanya sebelum kerajinan keramik berkembang mulai dengan industri pengolahan tanah liat/gerabah dengan produk yang dihasilkan seperti : periok, belanga, peralatan dapur lainnya.

Kerajinan Besi Logam :

Produk andalan lainnya selain keramik dari kabupaten Tabanan adalah kerajinan dari besi. Kabupaten Tabanan merupakan sentra terbesar kerajinan besi di daerah Bali oleh karena hampir seluruh produk kerajinan besi yang ekspor dari Bali disuply oleh pengrajin besi dari Kabupaten Tabanan. Dengan didukung oleh Bali sebagai daerah tujuan wisata terbesar di Indonesia produk kerajinan besi/logam ini berkembang sangat pesat bahkan menyebar sampai ke pelosok pedesaan di Kabupaten Tabanan.

Kerajinan Kayu :

Produk kerajinan kayu merupakan produk keperluan rumah tangga dan dekorasi seperti meja, kursi, kusen jendela, sanggah, pintu ukir dan lain-lain, namun dalam perkembangannya sampai saat ini telah muncul produk-produk untuk dekorasi yang dikenal dengan “Pop Art”  seperti patung asmat, topeng dan lain-lain.

Dengan didukung oleh tersedianya bahan baku berupa kayu Albesia yang cukup banyak, diharapkan kerajinan kayu untuk keperluan dekorasi tersebut dapat berkembang dengan baik di masa yang akan datang.

Kerajinan Batok Kelapa :

Kerajinan Batok Kelapa dengan produk utama berupa   tempat lilin, teko, cangkir, sendok dan lain-lain. Daerah pemasarannya hampir seluruhnya untuk pasaran ekspor dengan tujuan Jepang, Australia, Amerika Serikat dan lain-lain.

Kabupaten Tabanan sebagai daerah agraris dengan hasil kelapa yang cukup banyak merupakan potensi yang sangat bagus dalam penyediaan bahan baku kerajinan batok kelapa, dimana para perajin dituntut untuk mampu menciptakan produk dengan memadukan potensi alam dengan keterampilan yang dimiliki.

Anyaman :

industri kerajinan anyaman yang berkembang di kabupaten Tabanan antara lain anyaman bambu, anyaman lontar, anyaman pandan, kertas telek, anyaman ate dan lain-lain. Kerajinan anyaman dengan komoditi yang awalnya  untuk keperluan adat dan upacara keagamaan sekarang sudah berkembang menjadi ekspor khususnya ke negara Jepang, yang berupa anyaman pandan dengan produk yang hasilnya seperti tas, tempat tissue, tempat sampah dan  lain-lian.

POTENSI KEPARIWISATAAN.

Potensi kepariwisataan di kabupaten Tabanan sangat besar dan potensial, dimana sebagian besar masih dalam keadaan seperti aslinya.  Dalam setiap pembangunan dan pengembangan obyek pariwisata diusahakan agar tidak merusak lingkungan dan sesuai dengan keadaan alam sekitarnya.  Beberapa jenis obyek kepariwisataan yang ditawarkan Tabanan antara lain seperti:

WISATA PEGUNUNGAN

Kabupaten Tabanan dengan daerah pegunungan pada bagian utara yang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan yang menyukai keindahannya seperti danaunya dan juga pemandangan alam yang ditawarkan.  Lokasi obyek wisata pegunungan seperti daerah Bedugul dengan didukung fasilitas yang cukup memadai seperti penginapan dan restaurant yang representative dan lokasinya yang sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum.

WISATA PERTANIAN

Daerah Tabanan adalah derah yang sangat subur, dengan kondisi sawahnya yang berundak-undak yang sangat indah untuk dipandang, serta disepanjang jalan dari pantai sampai ke pegunungan terbentang perkebunan seperti Kebun kopi, cengkeh, vanili, kelapa, sayur-sayuran dan juga kebun bunga.  Hal ini sangat potensial ditawarkan untuk wisatawan yang ingin menikmati wisata pertanian.

WISATA PANTAI

Kabupaten Tabanan meiliki pantai sepanjang kurang lebih 30 kilometer, dengan keadaan pantai yang bermacam-macam mulai dari yang curam sampai yang landai dengan pasir berwarna hitam.  Beberapa pantai yang mulai banyak dikunjungi dan sedang dikembangkan menjadi daerah obyek wisata seperti pantai Soka, pantai Pasut, Pantai Kelating, Pantai Suraberata serta Tanah yang sudah dikenal di Manca Negara.

WISATA PURI

Beberapa Puri yang ada di kabupaten Tabanan saat ini telah dijadikan sebagai obyek wisata seperti Puri Anyar dan Puri Gede di Kerambitan yang merupakan puri kuno yang artistic.  Beberapa atraksi yang ditawarkan seperti Joged bumbung dan tektekan dengan beberapa atraksi yang menarik didalamnya.  Wisata Puri juga menawarkan arsitektur dan sejarah bagi wisatawan, khususnya arsitektur Bali kuno serta sejarah Kerajaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: